Monday, April 16, 2012

Manusia dan Kebudayaan

manusia dan kebudayaanmanusia merupakan unsur utama pembentuk kebudayaan. tanpa adanya manusia, maka kebudayaan tidak akan terbangun. manusia diciptakan oleh tuhan dengan intelegensi dan kecerdasan, sehingga dapat membangun kebudayaan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.pengaruh budaya terhadap lingkunganbudaya yang telah dikembangkan oleh manusia akan berimplikasi dengan lingkungan. kebudayaan nantinya akan memberikan ciri khas masyarakatnya masing-masing, oleh karena itu kebudayaan pasti berbeda-beda.perubahan kebudayaanseiring berjalannya waktu, interaksi manusia akan berubah, oleh karena itu kebudayaan juga pasti ikut berubah. faktor terjadinya perubahan kebudayaan adalah perubahan lingkungan, perubahan karena adaya kontak dengan kebudayaan lain, perubahan karena adanya penemuan, perubahan kebudayaan karena masyarakatnya mengadopsi elemen dari kebudayaan bangsa lain.kaitan manusia dan kebudayaanseperti yang telah diketahui, manusia merupakan unsur pembentuk kebudayaan. antara manusia dengan kebudayaan mempunyai kaitan erat, karena manusia adalah kebudayaan. hampir semua tidakan yang manusia lakukan adalah kebudayaan, meski tidak secara naluriah. tindakan yang merupakan kebudayaan tersebut dibiasakan dengan belajar. hubungan antara manusia dengan kebudayaan dapat dilihat dari kedudukan manusia terhadap kebudayaan. manusia mempunyai empat kedudukan yaitu sebagai penganut kebudayaan, pembawa kebudayaan, manipulator kebudayaan, dan pencipta kebudayaan. pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan dengan masalah yang menyertainya. permasalahan tersebut menuntut adanya penyelesaian masalah atau solusi. dalam rangka survive manusia harus memenuhi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara. hal yang dilakukan manusia inilah yang disebut kebudayaan.




Ulasan:
Manusia dan Kebudayaan itu saling berhubungan tanpa adanya manusia, maka kebudayaan tidak akan terbangun.begitu juga dengan kebudayaan.
manusia dan kebudayaan dapat berubah dengan cara mengadopsi kebudayaan kebudayaan bangsa lain. sehingga dapat membentuk atau memadu suatu kebudayaan dari negara-negara lain.

No comments: