Tuesday, January 14, 2014

Abstrak


Pengertian Abstrak

Abstraksi adalah suatu proses dimana konsep-konsep yang lebih tinggi berasal dari penggunaan dan klasifikasi literal (“nyata” atau “konkrit”) konsep, prinsip pertama, atau metode lainnya. Sebuah “abstraksi” (kata benda) adalah sebuah konsep yang bertindak sebagai kata benda super kategoris untuk semua konsep bawahan, dan menghubungkan konsep-konsep terkait sebagai kelompok, lapangan, atau kategori.

Cara membuat abstrak
Ada 4 langkah penting yang harus dilaksanakan, yaitu:
1. Ciptakan ruang penelitan, hal ini dapat dilakukan dengan cara: (a) Nyatakan pentingnya bidang yang anda teliti (bisa ditunjukkan dengan banyaknya penelitian di bidang yang sama), (b) Tunjukkan kekurangan artikel ilmiah yang telah ada (dalam bidang yang sama tentu saja), (c) Tunjukkan tujuan artikel ilmiah anda
2. Uraikan metodologi penelitian dengan jelas
3. Nyatakan hasil penelitian (dengan singkat dan jelas tentu saja)
4. Evaluasi-lah hasil penelitian yang telah dilakukan (kesimpulan artikel)
Panjang abstrak biasanya 100-200 kata. Menurut Hadijanto dalam Zifirdaus, tahap 2 dan 4 tidak wajib ada dalam sebuah abstrak.

Manfaat Abstrak

Ia menyibak keterkaitan yang mendalam di antara cabang-cabang matematika
Mengetahui hasil-hasil di dalam satu cabang yang dapat memicu konjektur pada cabang yang berkaitan
Teknik dan metode dari satu cabang dapat diterapkan untuk membuktikan hasil pada cabang yang berkaitan


Contoh Abstrak

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian mengenai identifikasi persebaran batu candi inti dan perwara dengan metode magnetik di dusun Palgading desa Sinduharjo kecamatan Ngaglik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persebaran dan luasan candi inti maupun perwara yang masih terkubur di dalam tanah di dalam Situs Purbakala Candi Palgading.

Pengambilan data dilakukan pada tanggal 29 September 2011 di sebelah timur dan selatan candi Palgading yang sudah digali. Penelitian ini mengambil 50 titik di sebelah selatan dan 35 titik di sebelah timur candi yang sudah digali. Data mentah keluaran dari Proton Precission Magnetometer (PPM) dikoreksi dengan data variasi harian dan koreksi IGRF. Data tersebut kemudian dikoreksi kontinuasi ke atas dan reduksi ke kutub menggunakan software magpick lalu diinterpretasikan.

Hasil analisis kualitatif pada penelitian ini menunjukkan adanya persebaran anomali di setiap daerah penelitian. Hasil analisis kuantitatif menununjukkan besarnya luasan anomali pada daerah pertama yakni dengan panjang 0.81 Meter dan lebar 2.37 Meter sedangkan pada daerah kedua memiliki panjang 0.51 Meter dan lebar 0.78 Meter.

Kata kunci : candi, proton precission magnetomerter, medan magnet anomali

Sumber : http://internasionale.blogspot.com/2012/01/pengertian-abstrack-abstrak-merupakan.html
              http://subektiprayogi.wordpress.com/2013/01/17/kutipan-abstrak-daftar-pustaka/

No comments: