Tuesday, June 11, 2013

BERBAGAI BENTUK PASAR OUTPUT MENURUT STRUKTUR

RANGKUMAN :

Berdasarkan struktur pasar,pasar dapat dibagi menjadi pasar persaingan sempurna,pasar oligopoly(duopoly),pasar persaingan monopolistic,dan pasar monopoli.
1.     Pasar persaingan sempurna(perfectly competitive market)

Pasar persaingan sampurna merupakan bentuk ekstrem sebuah pasar. Pasar ini terjadi jika dalam sebuah pasar sangat banyak penjual dan pembeli,barang yang diperjual belikan sama(homogen),dan baik penjuan maupun pembeli tidak memiliki pengaruh terhadap harga pasar yang terjadi atau hanya berfungsi sebagai penerima harga(price talker).

2.     Pasar monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdiri dari satu penjual yang melayani permintaan yang sangat banyak dan produk yang dijual tersebut tidak memiliki subtitusi.

3.     Pasar oligopoly

Oligopoly(oligopoly) adalah benttuk organisasi pasar dimana hanya terdapat beberapa penjual suatu produk tertentu. Jika produk itu sejenis, maka terjadilah oligopoly yang murni (distandarkan) (pure atau standardized oligopoly).

4.     Pasra persainga monopolistic


Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian ciri-ciri pasar monopoli dan sebagian lagi cirri pasar persaingan sempurna.pasar monopolistic didefinisikan sebagai suatu struktur pasar dimana terdapat banyak perusahaan yang menjual produk-produk sejenis,tetapibervariasi berdasarkan merk.

No comments: