Pengertian permintaan (Demand)
Konsep permintaan merupakan bahan
kajian yang sangat penting dalam ilmu ekonomi. Dalam ilmu ekonomipermintaan
diartikan jumlah produkyang diinginkan dan mampu dibeli konsumenpada berbagai
tingkat harga dalam jangka waktu tertentu dengan menggap faktor yang
memengaruhinya konstan/tetap.
Faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan
Permintaan individu terhadap suatu
barang atau jasa dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini.
a. Selera
Selera bisa menjadi penentu permintaan yang paling jelas. Bila kamu menyukai musik klasik, kamu akan membeli lebih banyak musik klasik sehingga meningkatkan permintaan kamu terhadap musik klasik.
Selera bisa menjadi penentu permintaan yang paling jelas. Bila kamu menyukai musik klasik, kamu akan membeli lebih banyak musik klasik sehingga meningkatkan permintaan kamu terhadap musik klasik.
b. Harga barang atau jasa
Harga suatu produk merupakan penentu
permintaan yang paling penting.
c. Pendapatan
Apa yang kira-kira akan terjadi jika ayahmu
kehilangan pekerjaanya? Satu hal yang jelas adalah keluagamu kehilangan
pendapatan yang berakibat turunnya permintaan terhadap berbagai barang dan
jasa. Jumlah pendapatan memengaruhi permintaan.
d. Harga barang lain yang berkaitan
(Subtitusi/Pelengkap)
Harga barang lain ikut memengaruhi permintaan
terhadap suatu barang. Seperti dijelaskan dalam hukum permintaan, kaitan suatu
barang bisa berbentuk substitusi (saling menggantikan) atau komplemen (saling
melengkapi).
e. Ekspekstasi
Ekspekstasi (perkiraan tenteng masa depan)
ikut memengaruhi permintaan.
Penawaran
Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran
·
Harga barang/jasa
·
Harga input/biaya
produksi
·
Teknologi produksi
·
Ekspektasi penjual/produsen
·
Keuntungan yang
diinginkan oleh produsen
·
Banyaknya penjual/pesaing
Elastisitas merupakan ukuran yang bisa
menjelaskan seberapa besar pengaruh perubahan harga terhadap perubahan
kuantitas yang diminta atau ditawarkan. Elastisitas atau yang biasa disebut
kepekaan perubahan merupakan ukuran kepekaan jumlah yang diminta atau jumlah
yang ditawarkan terhadap perubahan harga.
Faktor-faktor yang memengaruhi
elastisitas harga dari permintaan
a. Ketersediaan barang substitusi dan kemampuan
mensubstitusi
b. Intensitas kebutuhan (desakan kebutuhan)
c. Pendapatan konsumen
d. Tradisi
No comments:
Post a Comment