Pasar adalah
tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang tidak selalu memerlukan
lokasi fisik dan bisa berunjuk kesuatu negara tempat suatu barang tersebut
dipasarkan atau dijual. Pasar menurut karakteristiknya dibagi menjadi 4,
yaitu:
1.
Pasar persaingan sempurna
2. Pasar
oligopoli
3. Pasar
monopoli
4. Pasar
persaingan monopolistik
A. Pasar
persaingan sempurna
adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat
banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan
pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai
penerima harga.
Kelebihan:
a. Harga
Jual barang dan jasa adalah yang termurah
b. Jumlah
Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran
maksimal)
c. Masyarakat
merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih
barang dan jasa (produk yang homogen)
d. Tidak
takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
Kekurangan:
a. Kelemahan
dalam hal asumsi
b. Kelemahan
dalam pengembangan teknologi
c. Konflik
efisiensi keadilan
B. Pasar
oligopoli
adalah
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang
dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya
untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan
juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk
menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga
jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang
melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.
Kelebihan Pasar Oligopoli
a.
Hanya
sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
b.
Oligopoli
dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan
lawan
c.
Oligopoli
dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif
kecil
Kelemahan
Pasar Oligopoli
a.
Efisiensi
hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
b.
Pengambilan
keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
c.
Membutuhkan
kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan Pasar yang
paling efisien adalah pasar persaingan sempurna.Alasan mengapa pasar persaingan
sempurna paling efisien adalah:
d.
Pada pasar
persaingan sempurna informasi mengenai harga suatu barang dapat diketahui
dengan mudah sehingga menghindari abnormal return.
e.
Di dalam
pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan disesuaikan sehingga tidak
melebihi permintaan.
f.
Tidak perlu
dilakukan manajemen rumit seperti pada kasus oligopoly skarena harga barang
akan sendirinya tercapai oleh keseimbangan antara permintaan dan penwaran yang
terjadi secara alamiah.
g.
Dalam jangka
panjang bentuk pasar yang bersifat persaingan sempurna menjamin diproduksinya
barang-barang dengan ongkos yang serendah-rendahnya kerena bila diproduksi
dalam ongkos yang besar otomatis produsen akan mengalami kerugian mengingat banyak
saingan di dalam pasar persaingan sempurna.
C. Pasar
monopoli
adalah suatu
bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai
pasar. Produsen bebas untuk menentukan harga. Penentu harga pada pasar ini
adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Harga
ditentukan dari jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit banrang,
semakin mahal harga barang tersebut.
Kelebihan Pasar Monopoli
a. Mampu
mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
b. Menghasilkan
output yang besar melalui peningkatan efisiensi
c. Mampu
meningkatkan investasi ekonomi
d. Meningkatkan
kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli
a. Hilang
atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
b. Menimbulkan
eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
c. Memburuknya
kondisi makroekonomi nasional
d. Membruknya
kondisi perekonomian Internasional
D. Pasar
persaingan monopolistik
adalah
salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya. produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.
Kelebihan Pasar Monopolistik
a.
Daya
monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif
kecil.
b.
Kelebihan
kapasitas produksi relatif kecil
c.
Kenikmatan
konsumen yang tinggi karena beragamnya produk, peningkatan kualias, dan
meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output
Kelemahan Pasar Monopolistik
a.
Permintaan
yang sangat elastic
b.
Harga jual
masih lebih besar daripada biaya marjinal
c.
Kapasitas
berlebih
d.
Jika output
ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
No comments:
Post a Comment