Thursday, March 22, 2012

Banyak Jalan Putus dari Rokok

Jika Anda bermasalah dengan rokok, dan ingin segera mengakhiri hubungan dengan rokok, atau mempunyai sahabat, maupun pasangan yang ingin berhenti merokok, sebaiknya Anda memulai start bulan Ramadhan ini. Kenapa? Banyak hal baik yang dapat kita lakukan di bulan ini, termasuk berkenti merokok.
Kenapa begitu sulit untuk tidak merokok? Mungkin ini adalah kata hati Anda yang ingin segera membuat dia memutuskan hubungan dengan rokok. Padahal banyak teori yang kita hafal tentang rokok, misalnya: perokok pasif jauh lebih dirugikan daripada perokok aktif.
Banyak yang meminta para perokok untuk menghentikan rokoknya, namun belum banyak yang memberikan rekomendasi, tentang hal yang harus dilakukan. Jadi bagaimana?
Artis Irianti Eningpraja mengatkan bahwa sebelum kita meminta seseorang untuk berhenti dari rokok sebaiknya kita mencari tahu alasan dia merokok. Sehingga kita dapat dengan mudah mencari jalan keluar baginya.
Memang banyak hal yang menyebabkan seseorang berhenti merokok, seperti: gengsi, dibujuk teman, iseng, supaya terlihat jantan, pelarian, dan lain sebagainya. Jadi begitu banyak hal psikologis yang mempengaruhi seseorang memutuskan untuk merokok.
Begitu pula sebaliknya, banyak hal sebenarnya yang bisa membuat dia berpikir dua kali untuk segera memutuskan hubungannya dengan rokok. Namun, jika kita coba menyinggung keluarganya, anak, istri, saudara bagaimana nasib mereka sebagai perokok pasif? Pasti dia berpikir cepat untuk segera mengakhiri hubungan dengan rokok.
Keluarga harus memberikan dukungan moril dan materiil. Orang yang sedang berupaya memutuskan hubungan dengan rokok adalah seperti orang yang sedang kehilangan sahabat, rasanya sangat berat dan menyedihkan. Jadi pahami perasaannya jangan bersikap menghakimi.
Selanjutnya bantulah dia untuk melepaskan ketergantungannya terhadap rokok, adiksinya untuk menyesap sesuatu dapat diganti dengan permen atau dengan buah.
Apabila masih kesulitan menghentikan perokok dari perbuatannya, maka sebaiknya Anda berupaya mengajaknya konseling, berbagi dengan para mantan pecandu rokok. Baru kemudian menawarkan kepadanya untuk bertemu dengan dokter.
Coba saja Anda buka situs www.stopmerokok.com. Disana mereka bisa berbagi dengan para ahli, maupun mantan perokok. Jadi beri mindset bahwa dia tidak bekerja sendiri.

Di posting dari :
http://www.contoh-artikel.com/2011/08/banyak-jalan-putus-hubungan-dari-rokok/

No comments: